Senin, 24 Agustus 2015

SEJARAH SDN MAWANI


 SEJARAH SINGKAT
SDN MAWANI

Seiring dengan program pemerataan kesempatan belajar bagi anak Indonesia dan program wajib belajar 6 tahun yang dicanangkan pemerintah pada tahun 1981, maka didirikanlah SDN Mawani. Pada saat itu di sebuah kelompok masyarakat yang hanya beranggotakan beberapa keluarga dan tidak lebih dari 50 jiwa ingin putra putrinya merasakan pendidikan seperti daerah lainnya. Dengan jiwa yang tulus pemerintah punya keinginan untuk memberikan layanan pendidikan kepada warganya. Begitu selanjutnya pemerintah membangun SDN Mawani dengan segala fasilitas gedung dan tenaga guru yang ditugaskan di sekolah ini. Namun apa boleh dikata sejak dibangun sampai dengan sekitar tahun 1996 SDN Mawani tidak bisa berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Selama kurang lebih 13 tahun berjalan SDN Mawani tidak pernah memiliki jumlah siswa lebih dari 10 orang, artinya sekolah ini bisa diibaratkan tumbuh segan mati tak mau. Hal ini disebabkan karena kebiasaan masyarakat yang masih terbiasa hidup berpindah-pindah, sehingga warga yang ada di sekitar sekolahpun tidak mengalami pertumbuhan secara kuantitas. Hal ini mempengaruhi jumlah siswa yang bersekolah di SDN Mawani. Dan hal ini berlangsung terus menerus hingga pada tahun 1996 jumlah siswa di SDN Mawani lebih merosot lagi. Untuk menyikapi hal ini  maka pemerintah pada waktu itu mengambil keputusan untuk menutup SDN Mawani. Sedangkan tenaga guru yang ada pada saat itu dimutasikan ke sekolah yang lebih membutuhkan. Ini adalah sejarah SDN Mawani jilid pertama.

I.         SDN MAWANI TAHUN 2012 S/D 2020
Kembali pemerintah beritikat baik untuk memberikan pelayanan pendidikan di seluruh wilayah Republik Indonesia. Atas usul pemerintah desa dan tokoh masyarakat desa Mawani yang menghendaki ada sekolah didesanya, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur kembali membangun SDN Mawani yang telah ditutup beberapa tahun lalu. Lalu diterbitkanlah ijin operasional SDN Mawani dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur Nomor : 2880 Tahun 2012 Tentang Ijin Opersional Sekolah Dasar Mawani Kec. Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur tahun 2012.
Sejak tahun 2012 hingga tahun 2015 SDN Mawani belum bisa berkembang sebagaimana mestinya, karena pada tahun 2015 kami hanya memiliki 3 orang siswa. Berkat kerja keras seluruh elemen yang terkait keadaan ini mengalami perubahan yang pesat. Setiap tahun ajaran baru siswa kami selalu bertambah. Rata-rata setiap tahunnya siswa kami bertambah 20 orang, dan kini di tahun 2020 siswa SDN Mawani mencapai 122 orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar